SAMPEL BERITA
Penelitian ini di latar belakangi oleh (1) Kurangnya kemampuan guru dalam memprogram dan melaksanakan pembelajaran dengan baik. (2) Guru belum maksimal dalam empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik, (3) Guru yang sudah sertifikasi masih kurang profesional dalam mengelola pembelajaran. (4) Kompetensi guru PAI yang sudah sertifikasi dengan yang belum sertifikasi belum nampak jelas perbedaannya. (5) Adanya kesenjangan dalam penentuan guru sertifikasi. (6) Sering dijumpai bahwa seorang guru lebih mementingkan tugas pribadinya dari pada harus melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai seorang pendidik. Maka dalam penelitian ini akan dibahas Seberapa besar perbedaan kompetensi guru PAI yang sudah sertifikasi dengan kompetensi guru yang belum sertifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa kompetensi guru PAI yang sudah sertifikasi dan yang belum sertifikasi, dan menghitung seberapa besar perbedaan kompetensi baik secara terpisah maupun secara keseluruhan antara guru PAI yang sudah sertifikasi dengan guru PAI yang belum sertifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, ditujukan kepada 44 orang guru PAI yang sudah sertifikasi, 13 orang guru PAI yang belum sertifikasi. Data dikumpulkan menggunakan angket sebanyak 70 item soal yang sudah valid reliabel. Hasil temuan dianalisis dengan menggunakan pengujian Independen Sample t Test. Analis menunjukkan bahwa pada uji komparasi ditemukan perbedaan yaitu t Hitung sebesar 3,830 > 2,396 pada taraf kepercayaan 99% dan 3,830 > 1,673 pada taraf kepercayaan 95% pada ke-empat kompetensi guru, dan guru yang sudah sertifikasi lebih baik dengan perbedaan sebesar 11,63%.