Rabu, 30 Oktober 2013

Analisis SWOT untuk Menysun Strategi Perkembangan Sekolah

ANALISIS SWOT UNTUK MENYUSUN STRATEGI PERKEMBANGAN SEKOLAH



BAB I
PENDAHULUAN

Sekolah, sebagaimana yang kita ketahui adalah tempat untuk menimba pengetahuan dan tempat mendapatkan pendidikan, dari sekolah orang bisa menjadi pemimpin dan sebagainya, oleh karena itu, sekolah harus tetap dijaga perkembangannya dan kelestariannya. Disaat sekolah sudah mulai kualitas turun, maka perlu diadakan pengkajian, supaya diketahui apa penyebab terjadinya hal itu.

SWOT adalah suatu langkah yang dilakukan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang timbul dalam suatu organisasi tertentu. Oleh karena itu, kami dari kelompok sebelas, dari mata kuliah Administrasi dan Manajemen pendidikan akan mencoba membahas tentang: ANALISIS SWOT UNTUK MENYUSUN STRATEGI PERKEMBANGAN SEKOLAH. Dan kami ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing atas kesediaan beliau mendapingi kami dalam menyelesaikan mata kulian ini.
Terhir kami ucapkan terima kasih kepada semua yang ikut serta dalam mata kuliah ini

                                                                                      STAY YAPTIP PASBAR
                                   
                                                                  Ahmad Gozali Almandili  


           
                                       
BAB II
PEMBAHASAN

ANALISIS SWOT UNTUK MENYUSUN STRATEGI
PERKEMBANGAN SEKOLAH

A.      Pengertian SWOT

SWOT adalah singkatan dari susunan bahasa inggris yaiti : streght (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Jadi SWOT adalah suatu langkah yang dilakukan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang timbul dalam suatu organisasi tertentu, atau lebih hususnya pada suatu sekolah tertentu.

Dan Analisis AWOT untuk strategi perkembangan sekolah adalah suatu langkah yang dilakukan untuk melihat dan mengetahui suat kekuatan, kelemahan, maupun peluang dan ancaman yang timbul disekolah, yang kemudian hal ini dapat ditangani untuk dapat meningkatkan perkembangan sekolah tersebut.Manfaat analisis SWOT meningkatkan pengetahuan dan pemahaman organisasi.

B.       Langkah-Langkah Analisis SWOT

analisis SWOT (streght , weaknesses, opportunitieis, threats)[1] dapat dibagi kepada lima langkah:
1.        Menyiapkan Sesi SWOT

a.         SWOT kemungkinan akan menghabiskan waktu 50-60 menit
b.        Peserta dibagi dalam kelompok dengan maksimum 6 orang perkelompok
c.         Dengan menggunakan alat curah pendapat memilih pelayanan atau komponen pelayanan yang akan di analisa
d.        Setiap kelompok membuat sebuah matrik SWOT sesuai dengan contoh
e.         Siapkan kertas dan kartu flipchart untuk setiap kelompok
f.         Tentukan seseorang sebagai pencatat, dan tugas pencatat adalah mengisi

2.        Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan
a.         Dengan menggunakan curah pendapat tulis pada kartu semua kekuatan didalam organisasi (internal), kekuatan, bisa jadi berupa keterampilan, gaji, sarana, dan lain-lain, setelah kartu diisi lalu tempelkan pada flipchart.
b.        Setelah selesai menyusun kekuatan internal, dengan menggunakan curah pendapat, daftarkan kelemahan didalam organisasi (internal) pada kartu, lalu tempelkan pada flipchart.

3.        Mengidentifikasi kesempatan dan ancaman
a.         Dengan menggunakan curah pendapat juga, daftarkan semua kesempatan diluar organisasi ( kesempatan ekstern ) yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan, atau untuk mengatasi sebuah masalah ini, bisa dengan berupa tenaga baru, maupun dengan peraturan baru.
b.        Dengan menggunakan curah pendapat, buat pula ancaman yang timbul diluar organisasi ( ancaman ekstren ) tersebut, yang dapat menghalangi langkah-langkah pemecahan masalah.

4.    Melakukan ranking trhadap kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang
a.         Daftarkan dalam kolom masing-masing, kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang.
b.        Buatlah ranking setiap kolom, yang perlu dipikirkan adalah pentingnya kesempatan/ancaman dan berapa besar kemungkinan kesempatan/ancaman tersebut, dan juga dengan peluang/ancaman.
5.        Menganalisis kekuatan dan kelemahan
a.         Masukkan kekuatan dan kelemahan kepada matrik SWOT
b.        Kekuatan diisi sesuai ranking yang telah dikerjakan/kekuatan, yang paling besar diletakkan diatas, dan yang kurang besar diletakkan dibawah.
c.         Setelah kekuatan diisi disesuaikan dengan kelemahan
d.        Masukkan kesempatan dan ancaman didalam klom
e.         Hubungkan kekuatan dan kelemahan dengan kesempatan dan ancaman
f.         Kombinasi dimana kekuatan bertemu dengan kesempatan adalah keadaan yang palng positif, keadaan ini harus di pelihara dengan baik supaya tetap ada
g.        Kombinasi kelemahan dan ancaman adalah keadaan yang paling negative yang harus dihindari
h.        Setiap kombinasi diperiksa ulang, kalau memang merupakan jalan keluar untuk mengurangi kel;emahan atau ancaman
Dalam langkah yang lebih simple, analisis swot dapat digambarkan sebagai berikut:
1.      Identifikasi seluruh kelemahan dan ancaman
2.      Identifikasi seluruh kekuatan dan peluang
3.      Masukkan hasil identifikasi pada langka 1 dan 2 pada pola analisis SWOT
Sebagai contoh:
S
»        Lokasi Strategis
»        Bangunan sekolah bagus
»        Suasana nyaman
»        Semua guru Profesional
W
»        Sarana kurang lengkap
»        Suasana bising
»        Keamanan tak memadai
»        Dana terbatas
»        Gaji relative rendah
O
»        Saingan sekolah belum ada
»        Dukungan masyarakat lumayan
»        Dukungan dana selalu ada
T
»        Munculnya sekolah-sekolah baru
»        Kurangnya minat pesertta didik

4.      Merumuskan strategi perbaikan dan pengembangan secara berkelanjutan
Contoh:
Intern / ektren
S
W
O
s/o : pilih keuntungan
»        Meminta bantuan
»        Tingkat kan kualitas
»        Memperbaiki Visi Misi
w/o : memanfaatkan peluang untuk menutupi kelemahan
»        Menambah sarana
»        Menambah gaji
»        Menambah donator
»        Kerja sama
T
s/t: kekuatan untuk membatasi ancaman
»        Dukungan masyarakat
w/t: mengendalikan ancaman
»        Menutup sekolah baru
»        Meng asramakan peserta didik

5.      Menentukan prioritas pemecahan masalah dan pengembangan rencana strategi berkala
Analisis SWOT adalah singkatan dari susunan bahasa inggris yaiti : streght (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman) sekolah,
 kekuatannya adalah sebagai berikut:
a)      Mempunyai guru dengan kualifikasi baik dan professional
b)      Guru senior sebagai guru inti
c)      Minat belajar siswa yang cukup tinggi
d)     Siswa sering menjuarai perlombaan-perlombaan tingkat kabupaten dan provinsi
e)      Suasana yang kondusif, nyaman dan asri
f)       Termasuk sebagai salah satu sekolah unggulan
g)      Lokasi yang jauh dari keramaian
h)      Hubungan warga dengan sekolah berjalan harmonis dan baik

Dan kelemahannya adalah:
a)      Beberapa guru belum memahami pemanfaatan media belajar dan pemungsian internet
b)      Kemanpuan rata-rata akademik siswa sedang
c)      Ruang belajar yang belum memadai/standar
d)     Kualitas masuknya juga sedang
e)      Belum berpungsinya secara maksimal labolatorium fisika, kimia, biologi, labolatorium computer dan ruang perpustakaan
f)       Tingkatpendidikan dan pendapatan orang tua siswa yamh sebagian rata-rata masih renda
g)      Semua batas sekolah belum terpagar

Peluangnya adalah:
a)      Manajemen serta stake holder yang solid
b)      Melalui sarana dan prasarana yang sedikit, namun dapat meningkatkan perestasi siswa secara maksimal
c)      Mandapat dukungan dari masyarakat maupun dari komite sekolah

Ancaman nya adalah:
a)      Keterbatasan sarana sekolah akan mengurangipelayanan yang optimal
b)      Dukungan masyarakat yang sangat relative
c)      Siswa lebih menyibukkan dirinya dengan bermain daripada belajar

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
SWOT adalah singkatan dari susunan bahasa inggris yaiti : streght (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Jadi SWOT adalah suatu langkah yang dilakukan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang timbul dalam suatu organisasi tertentu, atau lebih hususnya pada suatu sekolah tertentu.
SWOT Mempunya lima langkah
1.      Menyiapkan sesi SWOT
2.      Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan
3.      Mengidentifikasi peluang dan ancaman yang akan timbul
4.      Melakukan ranking pada masing-masing identifikasian
5.      Menganalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang timbul terhadap sekolah

B.     Saran

Demikian lah sajian makah kami, yang daoat kami kumpulkan untuk dapat melengkapi mata kuliah Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, semoga hal ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita terhadap ilmu pendidikan. Dan kami sadar betul, ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kita masih sangat diperlukan untuk mencari buku sumber lain yang dapat kit abaca dan di analisa serta mengambil ilmunya, untuk kemudian bahan kebahagiaan kita didunia maupun diakhirat.




DAFTAR PUSTAKA
Mulyasa.E., M.Pd. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. ( PT. REMAJA ROSDA KARYA )



[1] Dr.E. Mulyasa, M.Pd. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. ( PT. REMAJA ROSDA KARYA ) Hal 68

0 komentar:

Posting Komentar